Selasa, 07 Juni 2011

Fungsi Kepemimpinan yang Berkembang

 Pada dasarnya ada tiga tanggung jawab dari seorang pemimpin:

    Membentuk tim (kelompok)
    Menentukan tujuan-tujuan.
    Memberikan motivasi dan mengembangkan individu.

Pertanyaannya adalah apakah fungsi-fungsi tersebut merupakan fungsi yang sedang berkembang? Untuk menjalankan fungs-fungsi tersebut secara efektif tentunya diperlukan kejujuran dari hati nurani seorang pemimpin. Misalnya dari fungsi pertama  seorang pemimpin perlu untuk bertanya: ”Apakah saya menciptakan tim atau grup/’gang’? Atau dalam hal tujuan-tujuan, pemimpin perlu untuk bertanya: ”Apakah tujuan-tujuan semata-mata mengekspresikan produktivitas saja? Apakah peranan saya sebagai pemimpin?” Atau, dalam hal motivasi pemimpin perlu bertanya: ”Apakah saya melakukan investasi  pada orang-orang saya? Apakah saya menciptakan kesatuan atau kesamaan?”


Dari ketiga rahasia di atas, kita melihat bahwa faktor manusia merupakan faktor yang sentral dalam kepemimpinan. Penting untuk menciptakan manusia-manusia sebagai pemimpin yang bukan sekadar berorientasi kepada produktivitas, namun juga sebagai pemimpin yang manusiawi. Pemimpin bukanlah orang-orang yang dimasukkan dalam sebuah mesin yang bernama ’leadership training’ dan kemudian setelah selesai pelatihan tersebut akan menjadi pemimpin-pemimpin yang 100% mirip dengan pelatihnya, namun hakikatnya menjadi seorang pemimpin sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya yang bisa memberikan yang terbaik dari apa yang ada pada diri pemimpin tersebut kepada orang lain dan kepada dirinya sendiri.

Nah, dengan melihat rahasia-rahasia kepemimpinan efektif tersebut, ada baiknya kita sebagai pemimpin juga melakukan evaluasi di ketiga aspek di atas. Misalnya kita dapat bertanya kepada diri sendiri apakah kita sebagai pemimpin lebih banyak melakukan planning,visioning, atau mengelola proyek-proyek dibandingkan dengan melakukan coaching dan memimpin tim. Dengan evaluasi tersebut tentunya kita dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan sehingga efektivitas kita sebagai pemimpin dapat terus ditingkatkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar