Jumat, 05 Agustus 2011

Kepemimpinan transformasional

Apa itu Kepemimpinan Transformasional?

Pernahkah Anda dalam situasi kelompok dimana seseorang menguasai situasi dengan menyampaikan visi yang jelas tentang tujuan kelompok, gairah ditandai untuk pekerjaan dan kemampuan untuk membuat anggota kelompok merasa ditambah semangat dan energinya? Orang seperti ini mungkin saja apa yang disebut sebagai pemimpin transformasional.

Kepemimpinan transformasional adalah jenis gaya kepemimpinan yang mengarah ke perubahan positif pada mereka yang mengikuti. Pemimpin transformasional biasanya energik, antusias dan bergairah. Tidak hanya para pemimpin memperhatikan dan terlibat dalam proses, mereka juga difokuskan untuk membantu setiap anggota kelompok agar berhasil juga.

Sejarah Kepemimpinan Transformasional

Konsep kepemimpinan transformasional awalnya diperkenalkan oleh ahli kepemimpinan dan penulis biografi presiden James MacGregor Burns.
1 Menurut Burns, kepemimpinan transformasional dapat dilihat ketika "para pemimpin dan pengikut membuat satu sama lain untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi moral dan motivasi." Melalui kekuatan visi dan kepribadian mereka, pemimpin transformasional mampu menginspirasi pengikut untuk mengubah harapan, persepsi dan motivasi untuk bekerja menuju tujuan bersama.
Kemudian, peneliti Bernard M. Bass diperluas ide Luka bakar asli untuk mengembangkan apa yang sekarang disebut sebagai Bass 'Transformational Leadership Theory.
2 Menurut Bass, kepemimpinan transformasional dapat didefinisikan berdasarkan dampak yang telah di pengikut. Transformasional pemimpin, Bass menyarankan, menggalang kepercayaan, hormat dan kekaguman dari para pengikut mereka.

Komponen-komponen Kepemimpinan Transformasional

Bass juga menyarankan bahwa ada empat komponen yang berbeda dari kepemimpinan transformasional.

1. Stimulasi Intelektual - Transformasional pemimpin tidak hanya menantang status quo, mereka juga mendorong kreativitas di kalangan pengikut. Pemimpin mendorong pengikut untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan kesempatan baru untuk belajar.

2. Pertimbangan Individual - kepemimpinan Transformasional juga melibatkan menawarkan dukungan dan dorongan kepada pengikut individu. Dalam rangka mendorong hubungan yang mendukung, pemimpin transformasional menjaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga pengikutnya merasa bebas untuk berbagi ide dan agar pemimpin dapat memberikan pengakuan secara langsung dari masing-masing pengikut kontribusi unik.

3. Motivasi inspirasional - Transformasional pemimpin memiliki visi yang jelas bahwa mereka mampu mengartikulasikan kepada pengikut. Para pemimpin ini juga mampu membantu pengikut mengalami gairah yang sama dan motivasi untuk memenuhi tujuan ini.

4. Pengaruh ideal - Para pemimpin transformasional berfungsi sebagai model peran bagi pengikut. Karena pengikut kepercayaan dan rasa hormat pemimpin, mereka meniru pemimpin dan menginternalisasi cita-cita nya.

     Referensi

     1 Burns, J.M. (1978). Kepemimpinan. N.Y: Harper dan Baku.
     2 Bass, B. M, (1985). Kepemimpinan dan Kinerja. N. Y,: Free Press.
     3 Riggio, R.E. (2009, 24 Maret). Apakah Anda seorang pemimpin transformasional. Psychology Today.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar