Kamis, 18 Agustus 2011

Mengapa Memilih Menjadi Pemimpin?

Banyak sekali orang yang berpikir bahwa seorang pemimpin memang hanya dilahirkan untuk  menjadi pemimpin namun hal ini tidak selalu benar. Setiap orang tentu memiliki kemampuan  untuk memimpin, namun jarang yang mau menempatkan diri untuk maju atau menempatlkan  diri pada saat situasi menempatkan kita harus mengambil tanggung jawab semacam ini.

Tentu saja ada keterampilan tertentu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin dan salah seorang dari mereka mungkin lebih cocok untuk orang-orang tertentu daripada yang lain. Namun untuk menjadi seorang pemimpin yang besar adalah mempunyai keinginan yang membara untuk meningkatkan dan mengasah semua keterampilan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar sifat-sifat yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang baik.
Komunikasi

Ini merupakan komponen vital. Seorang pemimpin yang baik harus mampu mengkomunikasikan ide secara efektif dan pemahaman yang besar. Anda mungkin sangat baik dalam membangun rencana strategis tetapi tanpa memiliki keterampilan untuk berkomunikasi secara efektif Anda akan selalu tertinggal jauh.

Ketegasan

Seorang pemimpin yang kuat harus mampu membuat keputusan didasarkan pada penalaran logis ketika di bawah tekanan. Pada saat yang dibutuhkan orang akan melihat Anda dan apabila ada sedetik keraguan atau muncul tampak seperti tertekan akan dapat menumbuhkan ketida percayaan yang telah terbangu dengan kerja keras.

Ketekunan mendengarkan

Ketekunan mendengarkan adalah penting dalam sebagian besar kehidupan seorang pemimpin. Sebagai seorang pemimpin Anda harus memiliki kemampuan untuk memperhatikan dan memahami orang dan sudah ini termasuk mengambil dan menerima kritik dalam bentuk apapun.

Pengutamaan

Mendahulukan tugas utama yang dilakukan pertama? Anda harus mampu memprioritaskan tugas-tugas berdasarkan apa yang Anda anggap paling penting. Tanpa prioritas baik tugas di tangan dapat ditakdirkan untuk gagal bahkan sebelum dimulai.

Penguasaan diri

Kemampuan untuk menjaga emosi Anda untuk tetap terkontrol adalah penting. Anda akan dan harus berurusan dengan banyak orang yang berbeda dan dalam segala situasi, banyak sekali yang kemungkinan besar akan menyebabkan  Anda keluar dari wilayah kenyamanan Anda. Oleh karena itu penting bahwa Anda harus tetap tenang setiap saat.

Percaya diri

Menjadi percaya diri tidak kalah penting. Jika Anda tampil penuh percaya diri maka akan menular pada tim Anda sehingga membuat tugas apapun jauh lebih mudah untuk dicapai. Sebuah jumlah tertentu dari kepercayaan diri juga membantu Anda untuk menegaskan diri sendiri ketika saatnya tiba.

Pro Aktif

Sebagai seorang pemimpin itu adalah tugas Anda untuk menjaga tim Anda tetap solid. Santai bergoyang kakiatau bermalas-malasan akan menciptakanketidak puasan oleh karena itu penting sekali Anda mengambil pendekatan pro-aktif.

Baik dalam Perencanaan

Cukup mengetahui apa yang perlu dicapai adalah tidak cukup. Untuk menjadi pemimpin yang baik Anda harus mampu menciptakan sebuah rencana tindakan yang akan bekerja denganbaik untuk mencapai tujuan akhir. Sebuah rencana yang buruk akan menggagalkan kemungkinan untuk sukses dan keterampilan ini sangat penting.

Menghormati Orang Lain

Anda mungkin berada dalam posisi pengendali kekuasaan sebagai pemimpin, tetapi tim Anda tidak akan bersedia mengikuti Anda jika Anda tidak menghormati orang lain. Menghormati sabaik-baiknya dan cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan menghormati orang lain.

Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah aspek yang paling rapuh tapi juga yang paling penting. Tanpa kepercayaan Anda tidak akan pernah menjadi pemimpin yang dewasa. Dengan meningkatkan beberapa faktor yang tercantum di atas harus penuh keyakinan dapat membantu membangun kepercayaan dengan cepat.

Keindahan dari semua aspek yang tercantum adalah bahwa Anda dengan mudah dapat berlatih untuk memperbaiki. Ada banyak program yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda termasuk berbagai aspek yang tidak disebutkan di sini.

Hal yang paling penting adalah tentang mengambil keputusan untuk memperbaiki adalah bahwa apa yang Anda pelajari dapat diterapkan untuk semua lapisan masyarakat. Jadi ingatlah, bahwa kita semua memiliki sifat dan dasar dalam diri kita untuk menjadi pemimpin, tetapi semuanya tergantug akan dibina atau tidak. ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar